HomeLogin

Buat Akun Duitku Anda

Untuk memulai, ikuti 3 langkah mudah berikut untuk mengaktifkan Akun Duitku Anda dan mendapatkan API Key yang diperlukan untuk mulai menerima pembayaran secara otomatis.

Daftar akun

Sebelum mengintegrasikan Duitku, Anda harus membuat Akun Duitku terlebih dahulu.

Register Duitku Disini
account-0
Mohon untuk mengecek folder spam dan promosi (untuk gmail) di kotak masuk Anda untuk menemukan email verifikasi Anda.

Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon melalui OTP yang dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar, mohon untuk mengaktifkan handphone Anda.

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman Dashboard.
Catatan: Duitku menerapkan protokol keamanan untuk menjaga keamanan akun Anda.
Jika sesi Anda tidak aktif selama lebih dari 10 menit, Anda akan keluar secara otomatis.

Aktivasi Akun

Masuk ke akun Anda dan lengkapi informasi yang diperlukan di Dashboard > Formulir Aplikasi Merchant

account-1-id

Anda akan diminta untuk melampirkan sejumlah dokumen untuk kebutuhan verifikasi akun di halaman formulir ini.

Persyaratan Dokumen :
  • ID Card (KTP)
  • Taxpayer Identification Number (NPWP)
  • Bank Account’s Information
  • Logo
Metode Pembayaran yang Tersedia :
payment-channel

Jika Anda ingin membuka metode pembayaran e-wallet (OVO, ShopeePay, Dana, LinkAja) dan QRIS, Anda akan diminta untuk mengunduh Syarat dan Ketentuan pembukaan e-wallet di halaman akhir pengisian formulir

account-2-id

Setelah halaman formulir selesai diisi, Tim verifikasi Duitku akan memeriksa akun Anda dan situs web yang terdaftar. Anda dapat mengubah akun Anda dari mode sandbox ke mode production setelah akun Anda berhasil diverifikasi.

Tim verifikasi Duitku akan melakukan pengecekan website. Informasi yang perlu ditampilkan di website Anda antara lain :
  • Informasi kontak, termasuk: nomor telepon, alamat dan email
  • Informasi produk harus relevan dengan surat izin usaha yang Anda miliki
  • Transaksi Anda harus dalam mata uang Rupiah
  • Konten website tidak boleh melanggar hukum dan norma yang berlaku di Indonesia

Integrasi Akun & Mendapatkan API Key

account-3-id

Setelah tim verifikasi kami memverifikasi akun Anda, Anda dapat mengalihkan akun Anda dari sandbox1mode testing untuk mencoba fitur ke produksi2mode live dan aktif menerima pembayaran (live). Untuk mulai menerima pembayaran otomatis, Anda harus masuk ke dashboard akun Anda untuk membuat proyek dan mendapatkan API key Anda.

Apa itu API Key?
API Key adalah kode integrasi unik Anda yang menautkan sistem pembayaran kami ke akun Anda. Kunci ini akan dimasukkan pada tahap awal integrasi API atau dimasukkan ke dalam plugin CMS Anda sebagai ID Duitku milik Anda.

Pembuatan Proyek dan Mendapatkan API Keys

Anda dapat membuat proyek baru untuk setiap website Anda. Anda juga dapat membuat beberapa proyek atau beberapa akun berbeda untuk website yang sama jika Anda ingin membedakan atau membagi pengumpulan dana Anda.

Anda dapat menambahkan proyek baru untuk setiap website dan aplikasi dari Dashboard > Proyek Saya untuk mendapatkan API Key.

Notes :

Anda dapat mengedit, dan memilih metode pembayaran yang tersedia di setiap website atau aplikasi di halaman ini.

account-4
Edit proyek
Kelola channel pembayaran
Hapus proyek

UPDATE : Cara melihat API Key di Menu Proyek saya

Untuk meningkatkan keamanan akun Anda, API key terletak di bagian detail edit proyek, dan dapat dilihat setelah memasukan password akun Duitku Anda.

Anda Dapat membuat project di mode Sandbox dan menghubungkannya ke Duitku menggunakan API Key (Merchant key) yang dihasilkan.
Setelah akun Anda diverifikasi, Anda dapat membuat project baru di mode Production, dan menggantikan API key sebelumnya untuk menerima pembayaran yang sebenarnya.

Mengelola payment channel Anda

Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan setiap channel pembayaran pilihan Anda dengan mudah. Anda juga dapat memilih apakah biaya transaksi dibebankan kepada Anda (merchant) atau kepada pelanggan Anda sebagai biaya tambahan. Pelajari lebih lanjut tentang kontrol pembayaran di sini.

Setelah Anda mendaftarkan proyek Anda, tim verifikasi kami akan memverifikasi proyek Anda dan mengaktifkan API Key Anda.
Proses ini akan memakan waktu sekitar 1 - 3 hari dan Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email setelah proyek aktif.

Ketersediaan Metode Pembayaran berdasarkan Jenis Entitas

Ketersediaan metode pembayaran yang dapat Anda terima Anda akan bervariasi tergantung pada jenis badan usaha Anda. Silakan gunakan panduan di bawah ini untuk melihat metode pembayaran apa yang tersedia untuk bisnis Anda:

Nama ProdukTersedia untuk
Virtual Account
(Mandiri, BCA*, Permata, CIMB, Arta Graha, Sampoerna, BNI, BRI, BNC, Maybank dan ATM Bersama)
Perorangan, Badan Usaha, dan Perusahaan Asing
Gerai Retail
(Alfamart, Pos Indonesia, Pegadaian, Indomaret*)
Perorangan, Badan Usaha, dan Perusahaan Asing
Kartu Kredit
(VISA, Mastercard, JCB, American Express*)
Perorangan, Badan Usaha, dan Perusahaan Asing
E-wallets
(OVO, Dana, LinkAja, Shopeepay)
Perorangan, Badan Usaha, dan Perusahaan Asing
Paylater
(Indodana)
Perorangan, Badan Usaha, dan Perusahaan Asing
QRISPerorangan, Badan Usaha, dan Perusahaan Asing
Direct Debit
(Visa, Mastercard)
Perorangan, Badan Usaha, dan Perusahaan Asing
Disbursement, Batch DisbursementBadan Usaha, dan Perusahaan Asing
Catatan: *Metode pembayaran ini saat ini hanya tersedia untuk Badan Usaha (Perusahaan/Yayasan)

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat mengelola channel pembayaran Anda di Fitur Dashboard > Kontrol Pembayaran

Metode pembayaran yang bersifat terbuka (open API) akan langsung tersedia di dashboard. Namun, ada beberapa metode pembayaran lainnya yang membutuhkan pendaftaran ke pihak penyedia metode pembayaran. Jalur pembayaran yang belum tersedia akan tetap muncul di dashboard dengan arahan petunjuk pembukaan dan persyaratan yang dibutuhkan.

ind-open-api

Metode Pembayaran

Saat ini, Duitku dapat menerima pembayaran melalui e-wallet OVO, ShopeePay, Dana dan LinkAja. Untuk mendaftar dan menggunakan layanan e-wallet di Duitku, merchant dapat mengisi formulir pendaftaran untuk proses verifikasi. Setelah proses verifikasi selesai, merchant dapat membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan project merchant untuk jalur pembayaran QRIS dan E-wallet. Perlu diingat bahwa merchant harus membuat project terlebih dahulu sebelum dapat membukakan jalur pembayaran e-wallet.

Setiap akun hanya dapat mendaftarkan 1 project yang menggunakan jalur pembayaran OVO dan Dana. Namun, untuk jalur pembayaran e-wallet lainnya atau QRIS, merchant dapat membukakan metode pembayaran berikut untuk lebih dari satu project di akun yang sama.

  1. Cara mendaftar dan melakukan aktivasi pembayaran e-wallet (OVO, Shoppepay, Dana, LinkAja).
  2. Jika merchant ingin mendaftar dan melakukan aktivasi pembayaran e-wallet di Duitku, merchant dapat mengisi formulir pendaftaran untuk proses verifikasi. Setelah proses verifikasi selesai, merchant dapat membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan proyek merchant untuk jalur pembayaran e-wallet. Setelah akun pembayaran merchant e-wallet diverifikasi, Anda langsung dapat mengatur aktivasi metode pembayaran OVO melalui dashboard > ‘Proyek saya’ > tombol ‘Metode Pembayaran’

    Integrasi jalur pembayaran OVO dapat dilakukan melalui plugins, atau melalui integrasi API. Panduan lengkap integrasi API dapat dilihat di sini.

  3. Program Cashback dan reward e-Wallet
  4. Jika merchant ingin mengikuti promo dari provider e-wallet seperti OVO dan ShopeePay, Duitku akan menginformasikan data merchant ke provider penyedia promo e-wallet.Keputusan promo berada sepenuhnya di pihak penyedia e-wallet. Merchant akan langsung menerima dana secara penuh di dashboard (kecuali dalam promo co-funding)

    Customer Anda juga dapat membayar dengan gabungan cash dan reward ewallet (seperti OVO points, Shopee koin, etc). Saat tagihan dikirimkan, Duitku akan mengirimkan push notification ke aplikasi e-wallet customer. Saat membayarkan, e-wallet akan memberikan pilihan kepada customer jika customer ingin menggunakan reward points mereka. Dana yang masuk ke saldo dashboard merchant akan tetap mengikuti jumlah nominal tagihan.

  5. Testing payment channel
  6. Jika Anda ingin melakukan testing pembayaran e-wallet OVO di mode sandbox, anda dapat menghubungi team Duitku melalui email [email protected] atau melalui live chat untuk mengajukan permintaan testing. Duitku akan mengatur jadwal testing bersama merchant.

    Sedangkan untuk melakukan testing pembayaran e-wallet ShopeePay di mode sandbox, anda dapat mendownload dan menggunakan aplikasi berikut untuk melakukan simulasi pembayaran.

    Limit nominal transaksi yang dapat dibayarkan akan disesuaikan dengan limit pembayaran akun e-money yang dimiliki oleh user/customer. Dimana jika user memiliki premium account, user dapat membayarkan nominal sampai dengan 10-20 juta rupiah dan jika user hanya memiliki basic account, user hanya akan dapat membayarkan nominal sampai dengan 2 juta rupiah.

    Jika customer sudah melakukan pembayaran tapi dana belum masuk, Anda dapat menghubungi customer service kami melalui live chat atau mengirimkan email ke [email protected] dengan screenshot bukti transaksi. Team kami akan langsung melakukan pengecekan transaksi terkait.

    Untuk saat ini, proses refund pembayaran e-wallet dilakukan oleh pihak Merchant. Apabila dana telah masuk ke dashboard, Anda dapat mengirimkan dana kembali secara manual atau melalui fitur disbursement Duitku (harga dan ketentuan berlaku).

Ada dua jenis QRIS, yaitu QRIS offline dan QRIS online. Untuk QRIS offline, customer melakukan transaksi dengan memindai QR yang tertera di gerai retail merchant, dan memasukkan nominal sesuai dengan jumlah harga di kasir. Biasanya customer akan menunjukan layar bukti pembayaran ke pegawai kasir untuk mengkonfirmasi pembayaran.

Sedangkan untuk QRIS online, merchant menampilkan QRIS yang berbeda untuk setiap transaksi, dimana didalamnya mengandung informasi nominal transaksi dan detail pembayaran lainnya. Detail pembayaran ini memungkinkan sistem melakukan pengecekan otomatis, sehingga merchant akan langsung mendapatkan notifikasi setelah tagihan dibayarkan tanpa harus melakukan pengecekan manual. QRIS online cocok dipakai oleh merchant atau pebisnis online dimana proses checkout dilakukan secara mandiri oleh customer. JIka anda ingin membuka jalur pembayaran QRIS online, Anda hanya perlu membuka akun di duitku.com dan tidak perlu mendaftar di qris.id kembali.

Untuk melakukan aktivasi pembayaran QRIS di Duitku, merchant dapat mengisi formulir pendaftaran untuk proses verifikasi. Setelah proses verifikasi selesai, merchant dapat membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan akun merchant untuk jalur pembayaran QRIS. Setelah akun pembayaran merchant QRIS diverifikasi, Anda langsung dapat mengatur

aktivasi metode pembayaran QRIS melalui dashboard > ‘Proyek saya’ > tombol ‘Metode Pembayaran’

QRIS dapat dibayarkan melalui aplikasi e-wallet ternama di Indonesia seperti OVO, Gopay, ShopeePay, Dana, LinkAja, dan melalui internet / m-banking bank yang memiliki pembayaran QR code, seperti BCA (m-BCA), Mandiri (living by Mandiri), CIMB Niaga (Octo Click), BRI, BNI, Mega, Permata, Nobu, UOB, Danamon, Maybank, Sinarmas, BJB, dan banyak lainnya. Untuk waktu settlementnya sendiri adalah H+2 transaksi.

Jika Anda ingin melakukan testing pembayaran QRIS di mode sandbox, anda dapat mendownload dan menggunakan aplikasi berikut untuk melakukan simulasi pembayaran. Jika jalur pembayaran QRIS belum tersedia di pilihan pembayaran sandbox, Anda dapat mengirimkan email permintaan pembukaan ke [email protected]

Virtual account (VA) adalah salah satu cara pembayaran dengan rekening bank yang bersifat virtual atau rekening yang sementara. Virtual account terdapat nomor ID yang dibuat oleh bank khusus untuk melakukan satu proses transaksi pembayaran yang terkait. Perbedaan virtual account dan transfer bank biasa adalah transfer bank dilakukan ke rekening tujuan perseorangan/perusahaan tertentu. Nominal akan ditentukan oleh pengirim dan biasanya pengirim akan melakukan konfirmasi setiap setelah selesai melakukan transfer. Sedangkan virtual account biasanya dibuat untuk automasi konfirmasi pembayaran. Dimana biasanya perusahaan akan membuat satu rekening virtual khusus untuk melakukan transaksi pembayaran yang terkait.

Virtual account ini dapat juga mengandung informasi nominal saldo yang harus dibayarkan, sehingga mengurangi kesalahan pembayaran (human error) dari pihak customer. Rekening khusus ini memungkinkan sistem untuk melakukan pengecekan secara otomatis setiap kali ada dana yang masuk, sehingga status transaksi dapat langsung terupdate secara real time.

Berikut adalah daftar bank yang telah bekerjasama dengan Duitku untuk menyediakan pembayaran virtual account. Klik disini

BankBiaya LayananSettlement time
Sampoerna, Arta Graha1.500 IDR / trxH+1
CIMB, Permata, BNI, BRI3.000 IDR / trxH+1
Mandiri4.000 IDR / trxH+1
BCA5.000 IDR / trxH+2

Ada 2 jenis virtual account yang dapat dipilih dalam menggunakan virtual account, yaitu fixed dan dynamic virtual account number. Untuk fixed VA number, merchant akan memberikan nomor tersendiri yang dikaitkan dengan masing-masing anggotanya. Untuk fixed VA number, merchant dapat memilih untuk menggunakan nominal closed amount (nominal langsung tertera di tagihan user) ataupun open amount (nominal dimasukkan oleh user). Sedangkan untuk dynamic VA number, nomor transaksi akan selalu berubah setiap kali customer melakukan checkout, karena virtual account ini akan dikaitkan dengan transaksi yang terkait tersebut.

Fixed virtual account hanya dapat digunakan oleh merchant yang terdaftar sebagai perusahaan. Untuk menggunakan fitur ini, merchant dapat langsung menghubungi team Duitku atau mengirimkan email ke [email protected]. Team Duitku akan memberikan awalan prefix virtual account (5-6 nomor di awal VA). Integrasi untuk fixed VA akan berbeda dari dynamic VA, baik di mode sandbox ataupun production. Team merchant dan Duitku akan menetapkan jadwal testing sebelum VA dapat berjalan live.

Dynamic virtual account juga memiliki expired date atau masa berlaku. Expired date adalah jangka waktu masa berlaku virtual account yang telah diciptakan. Biasanya, masa berlaku nomor dynamic virtual account adalah maksimal 24 jam. Anda juga dapat mengatur jangka waktu ini melalui parameter ‘Expiry Period’ (int) saat melakukan integrasi API, atau mengatur waktu yang diinginkan di bagian konfigurasi plugins (hanya untuk plugins versi terbaru). Jika Anda ingin membatalkan nomor virtual account yang telah dibuat sebelum kadaluarsa, Anda dapat mengubah status VA menjadi expired untuk dynamic VA dan mengubah status VA menjadi inactive untuk fixed VA

Limit maximum pembayaran virtual account akan bergantung pada limit yang ditentukan oleh bank untuk tiap customer sebagai nasabah banknya. Sedangkan limit minimum adalah limit transfer yang ditentukan oleh bank, biasanya berkisar di 10.000,- IDR. Sistem Duitku dapat menerima pembayaran virtual account hingga lebih dari 1.000.000.000,- IDR

Customer Anda juga dapat melakukan pembayaran virtual account dari bank yang berbeda. Namun, customer akan dikenai biaya transfer antar bank. Dalam hal ini, virtual account berfungsi untuk otomasi pengecekan transaksi. Selain itu, tagihan virtual account juga dapat dibayarkan dari luar negeri selama customer memiliki akses ke rekening bank pembayaran mereka.

Anda juga dapat membuka dan aktivasi jalur pembayaran virtual account BCA. Namun untuk saat ini virtual account BCA hanya dapat dibukakan oleh merchant dengan legalitas bisnis perusahaan. Merchant yang ingin membukakan jalur pembayaran VA BCA akan diminta untuk melampirkan rekening BCA atas nama perusahaan merchant. Bagi Merchant individu yang ingin membukakan pembayaran melalui bank BCA, Anda dapat menggunakan pembayaran melalui QRIS. QRIS dapat dibayarkan oleh customer melalui m-banking BCA dan berbagai aplikasi perbankan lainnya.

Jika Anda ingin melakukan simulasi pembayaran virtual account di mode testing sandbox, Anda dapat melakukannya melalui Halaman ini

Indodana PayLater adalah layanan kredit digital yang bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa secara kredit di berbagai merchant yang sudah bekerjasama dengan Indodana. Jalur pembayaran Indodana Paylater dapat dibuka untuk merchant perseorangan maupun merchant perusahaan. Untuk membuka jalur pembayaran ini, Anda dapat mengajukan permintaan ke [email protected] Untuk persetujuan akan dilakukan oleh pihak Indodana. Merchant yang dapat membukakan jalur pembayaran Indodana adalah merchant dengan produk berupa barang fisik (bukan berupa produk digital seperti saldo, pulsa, dll). Untuk menerima pembayaran Indodana PayLater, merchant tidak harus memiliki akun Indodana

Karena dana dari pembayaran melalui Indodana paylater akan terkumpul di dashboard Merchant bersama dana dari metode pembayaran lainnya. Settlement time untuk Indodana adalah di H+2, dan untuk metode pembayaran ini merchant akan mendapatkan Merchant Discount Rate (potongan merchant ) sebesar 1% dari jumlah total nominal transaksi

Saat memilih channel pembayaran Indodana PayLater, customer akan diarahkan ke halaman baru untuk log in akun Indodana mereka. Untuk melakukan uji coba pembayaran dengan Indodana, merchant akan mengatur jadwal user acceptance testing (UAT) bersama team Indodana. Anda dapat mengintegrasikan metode pembayaran Indodana Paylater melalui API dan plugins. Cek halaman integrasi Duitku untuk melihat Daftar plugins yang tersedia. Jika Anda ingin melakukan simulasi pembayaran Indodana di mode testing sandbox, Anda dapat melakukannya dengan akun testing berikut

Akun Testing
Nomor telepon081282325566
Pin000000

Dengan Duitku, Anda dapat membuka jalur pembayaran retail melalui Alfamart, Pos Indonesia, Pegadaian, dan melalui Indomaret. Channel pembayaran Alfamart, Pos Indonesia dan Pegadaian dapat langsung dibukakan dan akan langsung aktif setelah akun Duitku Anda diverifikasi. Sedangkan channel pembayaran Indomaret hanya dapat dibukakan oleh merchant dengan legalitas bisnis perusahaan. Merchant yang ingin membukakan jalur pembayaran retail Indomaret dapat mengirimkan permintaan ke email [email protected] untuk mendapatkan MID (Merchant ID) Indomaret. Keputusan sepenuhnya diambil oleh pihak Indomaret. Proses pengajuan merchant akan memakan waktu 1-2 bulan.

Setelah pengajuan diterima, merchant akan mengatur jadwal user acceptance testing (UAT) bersama team Indomaret.

Nominal minimum pembayaran melalui Pos Indonesia, Alfamart dan Pegadaian adalah Rp. 10.000,- dan nominal maksimumnya adalah Rp. 2.500.000,- Nomor pembayaran gerai retail akan diciptakan secara acak dan nama yang tertera saat customer membayarkan tagihan di gerai Alfamart, Pos Indonesia dan Pegadaian adalah atas nama Duitku dan tagihan akan masuk kedalam kategori Pembayaran Telkom.

Nominal minimum pembayaran melalui Indomaret adalah Rp. 10.000,- dan nominal maksimumnya adalah Rp. 15.000.000,- .

Sedangkan untuk pembayaran melalui gerai Indomaret, nama di tagihan yang tercetak adalah nama Merchant. Namun Anda dapat mengajukan permintaan pergantian nama melalui email [email protected] Proses pergantian nama akan memakan waktu 1-2 bulan.

Setelah customer menyelesaikan transaksi, sistem Duitku akan memberikan notifikasi ke pihak Merchant. Untuk notifikasi kepada customer akan dilakukan oleh pihak Merchant.

Jika Anda ingin melakukan simulasi pembayaran Retail di mode testing sandbox, Anda dapat melakukannya melalui Halaman ini

Ada 2 jenis layanan untuk menerima pembayaran kartu kredit, yaitu sistem aggregator dan fasilitator. Berikut perbedaannya.

AgregatorFasilitator
Tidak terhubung langsung dengan bankHarus memiliki rekening penampung di bank pemroses transaksi
Uang akan terkumpul di dashboard bersama jalur pembayaran lainnyaDana akan langsung masuk ke rekening settlement merchant di bank pemroses
Settlement time dana di H+4Settlement time dana di H+1
Tidak ada pendaftaran ulang ke pihak ketigaDuitku akan mengajukan permohonan merchant ke bank pemroses. Persetujuan sepenuhnya dilakukan oleh pihak bank
Hanya dapat menerima kartu dalam negeriDapat menerima kartu luar negeri.

Sebagai aggregator, Duitku dapat menerima kartu kredit ataupun kartu debit berlogo Visa, Mastercard dan JCB. Sedangkan sebagai Fasilitator, Duitku dapat menerima kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB dan American Express. Namun, Untuk channel pembayaran kartu kredit fasilitator CIMB tidak dapat menerima kartu debit bank BCA.

Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, Duitku hanya menerima pembayaran dalam mata uang IDR / Rupiah. Semua produk dengan mata uang luar harus dikonversikan ke rupiah. Dalam hal ini, merchant dapat melakukan konversi harga sebelum membuat tagihan akhir. Jika pembayaran dengan mata uang IDR / rupiah dilakukan menggunakan kartu asing, merchant akan tetap menerima pembayaran dalam rupiah. Customer akan ditagih sesuai kebijakan rate konversi bank kartu kredit yang mereka gunakan.

Duitku tidak menyimpan data nomor dan CVV kartu kredit customer sehingga customer harus memasukkan nomor dan CVV kartu kreditnya untuk setiap transaksi, dilengkapi dengan OTP untuk melengkapi standar keamanan 3D Secure Untuk menghindari Chargeback.

Waktu settlement untuk fasilitator mengikuti cut off time, yakni H+1, sedangkan waktu settlement untuk aggregator adalah H+4.

Cut off time untuk bank pemroses transaksi kartu kredit fasilitator akan berbeda untuk setiap bank.
BCA: jam 9 malam
CIMB: jam 5 sore & jam 8 malam
BRI: jam 9 malam
Contoh : dana transaksi dengan bank pemroses BCA tanggal 01/01 di jam 10 malam akan masuk di tanggal 03/01. Sedangkan untuk waktu settlement channel pembayaran kartu kredit akan bergantung pada jenis jalur yang dibukakan.

Perbedaan void dan refund

VoidRefund
Transaksi dibatalkan dalam waktu 24 jam setelah transaksi terjadiTransaksi dibatalkan dalam waktu lebih dari 24 jam setelah transaksi terjadi
Dana akan langsung dikembalikan ke limit kartu kredit penggunaDana akan dikembalikan ke kartu kredit pengguna dalam waktu 14 hari
Jika transaksi failed, void, atau refund, Duitku tidak akan mengenakan biaya layanan ke merchant. Kami hanya akan memotong biaya layanan dari transaksi yang berhasil (tidak termasuk void dan refund).

Untuk transaksi kartu kredit fasilitator, proses refund dapat dilakukan melalui dashboard Duitku, di bagian menu ‘Laporan Fasilitator’. Tombol refund akan muncul 24 jam setelah jam cut off di bagian detail transaksi. Sebelum 24 jam, transaksi akan dianggap void. Sedangkan untuk transaksi kartu kredit aggregator, proses refund dapat dilakukan dengan mengajukan permintaan refund ke [email protected] atau melalui live chat di dashboard merchant. Namun, jika transaksi yang dilakukan tidak menggunakan 3D secure, permintaan refund hanya dapat dilakukan 3 hari setelah transaksi terjadi.

Jika Anda ingin melakukan simulasi pembayaran kartu kredit di mode testing sandbox, anda dapat memasukkan nomor kartu berikut

Visa: 4000 0000 0000 0044 / Valid through : 03/33 / CVV : 123
Mastercard: 5500 0000 0000 0004 / Valid through : 03/33 / CVV : 123
Lebih lanjut dapat dilihat di halaman API Docs

Apakah informasi di halaman ini membantu?